Sunday 19 February 2017

[Sekilas 2016] Jalan-jalan

Tahun 2016 ini adalah tahun jalan-jalan yang membahagiakan buat saya; diawali bulan April saat saya jalan-jalan dengan besties ke Seoul. Jalan-jalan dengan mereka selalu asik. I felt so comfortable around them, dan saya tak perlu malu saat – misalnya – menemukan papan iklan SNSD dan berfoto sambil memeluknya. Makanan jadi lebih enak, dan meskipun lelah, hati saya terasa penuh. Dan ujung-ujungnya saya selalu bahagia setiap kali melihat-lihat foto-foto yang kami ambil selama di sana. Cerita selengkapnya saya tuliskan di sini.

Jalan-jalan dengan besties

Bulan berikutnya, saya dan adik saya Ema jalan-jalan ke Kuala Lumpur. Jalan-jalan ini adalah hadiah ulang tahun ke-25 untuk Ema. Kami hanya menghabiskan dua hari satu malam, namun cukup untuk mengeksplor destinasi wisata di sana. Saya sudah menuliskannya di sini.

Ema foto dengan latar KL City Gallery

September 2016, giliran saya solo traveling ke Tokyo. Sebagian besar itinerary saya di sana disesuaikan dengan preferensi saya buat ngidol AKB48. Rasanya puas bisa kembali ke Teater AKB48 di Akihabara, sempat makan di Café 48, dan hunting foto member di beberapa toko dengan harga jauh lebih murah daripada toko officialnya. Selain itu, saya juga pergi ke planetarium di Tokyo SkyTree Tower dan sempat ke daerah pinggiran untuk jadi turis di Edo-Tokyo Open Air Architectural Museum. Saya sempat mengalami gempa selama sekian menit yang bikin deg-degan, namun itu tertutup relaks dengan mencoba private onsen di hotel. Saya sempat baper juga ketika kembali lagi ke OIOI di Kitasenju, makan udon paling enak sedunia sambil mengenang pertama kalinya saya ke kota ini. Lebih lengkapnya, saya tulis perjalanan ini dalam beberapa bagian, dimulai dari sini.

 Di depan teater AKB48 hehe..

Saat libur panjang pada Desember 2016, saya ke Jogja menengok Nanda bareng bapak, ibu, dan Ema. Kami berempat naik mobil dan sempat terjebak macet parah di Ajibarang, karena efek libur panjang dan jalanan rusak. Ini pertama kalinya saya melakukan perjalanan jauh naik mobil dengan keluarga. Biasanya paling jauh cuma ke Cirebon. Beberapa kali kami berhenti untuk beristirahat, termasuk sarapan dengan menggelar tikar dan berhenti di pinggir sawah untuk tiduran. Berangkat dari pagi, kami sampai di Jogja malam hari, lebih lama dari biasanya. Di sana Nanda sudah menunggu. Kami menginap di Rumah Aika di daerah Kaliurang dekat kampus Nanda di UII.

Besoknya, kami ke Candi Prambanan. Well, hanya itu satu-satunya highlight kami di Jogja. Padahal kami sudah merencanakan jalan-jalan ke Malioboro dan tempat-tempat wisata lainnya. Tapi semuanya berantakan karena macet dimana-mana, ditambah hujan pula. Jadilah kami menghabiskan waktu di Rumah Aika, nonton National Geographic sambil ngobrol dan ngemil. Lebih mirip staycation daripada vacation.

Begitulah sebagian jalan-jalan di 2016. Semoga tahun 2017 bisa balik lagi ke Jepang, atau bahkan Eropa. Amien!

No comments:

Post a Comment