Wednesday 6 April 2011

Mengenal BSC Lebih Dekat (I)

Baby-sitter. Apa yang biasanya orang pikirkan tentang mereka? Mbak-mbak berseragam khusus yang mengikuti kemanapun anak kecil majikannya pergi? Yang selalu berjalan paling belakang dan menjaga anak-anak ketika orang tuanya sedang makan? Tunggu sampai saya kenalkan The Baby-Sitter’s Club (a.k.a BSC).

Berawal dari empat orang anggota, BSC berkembang seiring dengan bertambahnya jumlah klien dan anggota. Saya sudah pernah menuliskan awal berdirinya BSC dan cara kerjanya di postingan yang ini.

Mungkin ini sudah menjadi kultur di Amerika, remaja di sana banyak yang menjadi baby-sitter untuk mendapatkan tambahan uang saku. Anggota BSC juga terdiri dari sekumpulan remaja berumur 13 tahun, bahkan ada dua yang berumur 11 tahun. Mereka juga bukan berasal dari kalangan tidak mampu. Kristy, President BSC, bahkan tinggal di sebuah mansion. Mereka menjadi baby-sitter karena menyukai anak-anak, selain senang juga dengan tambahan uang yang bisa mereka peroleh.

BSC tumbuh di Stoneybrook, Connecticut. Semua anggotanya bersekolah di Stoneybrook Middle School (SMS) di kelas 7 (setelah beberapa buku, mereka naik ke kelas 8), kecuali dua anggota yang menjadi baby-sitter di kelas 6.

Please welcome: BSC members!

1. Kristy Thomas
Kristy sering digambarkan sebagai seseorang yang outspoken. Sikap tegas dan terorganisirnya membuatnya tepat menjadi President. Tidak akan ada yang menyangka Kristy adalah real leader jika melihat postur tubuhnya. Kristy adalah anggota klub paling kecil (okay, pendek) dengan rambut dan mata coklat. Dia sangat tak peduli pada penampilannya. Meskipun kata Stacey (di BSC #105), Kristy bisa secantik Winona Ryder jika mau melakukan sedikit usaha untuk mengubah penampilannya. Kristy suka memakai turtleneck shirt, topi baseball, dan jeans. Dia hanya memakai rok untuk acara khusus. Kristy menyukai olah raga. Dia bahkan membentuk tim softball junior ‘Kristy’s Krushers’. Teman-temannya menyebut Kristy sebagai Mesin Ide. BSC adalah salah satu ide paling cemerlangnya. Sebagai President, Kristy sangat tepat waktu. Dia tidak suka kalau ada anggota klub yang telat datang meeting tanpa alasan jelas. Di antara semuanya, Kristy paling dekat dengan Mary Anne.

2. Claudia Kishi
Stunning! Itu adalah kata yang menggambarkan Claudia. Meskipun penggila junk food, tubuh Claudia sangat ramping dan kulitnya halus (Claudia tidak pernah berjerawat). Karena memiliki darah Jepang, Claudia memiliki mata sipit (digambarkan sebagai almond-shaped eyes) dan rambut hitam yang panjang. Dia mencintai seni seperti dia mencintai buku misteri Nancy Drew. Dia bisa melukis, mengukir, memahat. Dia bisa melakukan apapun berhubungan dengan seni! Claudia bahkan membuat aksesoris sendiri yang membuatnya unik. Cara Claudia berpakaian menunjukkan dia adalah orang yang funky, meskipun ada yang menganggapnya aneh atau terlalu berlebihan. Claudia benci sekolah dan dia adalah pengeja yang buruk. Dia cerdas, hanya saja sekolah tidak menarik perhatiannya. Dalam BSC, Claudia menjadi Vice President. Kenapa? Karena BSC meeting diadakan di kamarnya. Claudia memiliki nomor telepon sendiri sehingga memudahkan klien untuk menelepon. Saat meeting, Claudia sering membagikan junk food-nya pada anggota yang lain. Di antara anggota yang lain, Claudia paling dekat dengan Stacey (yang dianggapnya sebagai the first and the only best friend).

3. Stacey McGill
Kenapa Claudia paling dekat dengan Stacey? Mudah saja, karena mereka sama-sama menyukai fashion. Kalau Claudia funky, Stacey lebih sophisticated. Mungkin karena dia memang berasal dari New York. Dia pindah ke Stoneybrook karena mengikuti ayahnya yang dimutasi kerja. Stacey memiliki rambut pirang bergelombang dengan mata biru. She’s the most gorgeous! (and my favorite member ever!). Dia pernah menjadi model, namun memutuskan dia lebih suka menjadi baby-sitter hingga saat itu. Stacey mempunyai diabetes hingga dia harus menjaga pola makannya dan melakukan diet ketat. Dia beberapa kali masuk rumah sakit karena sakitnya itu. Stacey jago matematika hingga pernah menjuarai lomba matematika di tingkat negara bagian. Smart is the middle of her name. Karena itulah juga, dia dipercaya menjadi Treasurer. Tugasnya adalah mengumpulkan iuran (satu dollar untuk setiap anggota) setiap hari Senin untuk membiayai kegiatan klub (or club parties). Nama panjang Stacey adalah Anastasia Elizabeth McGill. Hanya ayahnya yang memanggil dia dengan nama lengkap jika sedang marah. Dia tidak suka dipanggil Anastasia karena ‘merasa akan dimarahi’. Stacey paling dekat dengan Claudia.

4. Mary Anne Spier
Mary Anne adalah karakter pertama yang saya kenal. Dia pendiam, pemalu, pendengar yang baik, dan mudah tersentuh oleh hal-hal kecil. Sama seperti Kristy, Mary Anne juga memiliki mata dan rambut coklat. Dia sedikit lebih tinggi dari Kristy. Di awal buku, digambarkan rambut Mary Anne selalu dikepang dan baju yang dipakai dipilihkan oleh ayahnya. Setelah ayahnya lebih terbuka, Mary Anne memotong rambutnya. Dia memiliki kucing bernama Tiger. Dan meskipun pemalu, dia anggota pertama BSC yang punya pacar (Logan Bruno). Dalam BSC, Mary Anne menjadi Secretary. Dia mencatat jadwal BSC, nomor telepon klien dan tak pernah sekalipun salah. Di antara anggota yang lain, dia paling dekat dengan Kristy dan Dawn.

Okay, empat anggota yang saya sebutkan di atas adalah anggota awal BSC. Masih ada enam anggota BSC yang lain, akan saya ceritakan nanti di postingan selanjutnya.

(Yes, to be continued)

No comments:

Post a Comment