Sunday 27 October 2013

Den Bosch!

Mendengar nama Den Bosch, saya jadi ingat Jenderal Van Den Bosch yang merealisasikan Tanam Paksa di masa pemerintahannya di Hindia Belanda (belum Indonesia). Saya pernah membaca tentangnya di buku-buku sejarah jaman SD. Namun Den Bosch yang saya maksud kali ini adalah nama sebuah kota di Provinsi Noord Braban.

Pemandangan sepanjang jalan

Nama resmi kota ini adalah s-Hertogenbosch. Untuk menyingkat dan mempermudah, orang sini menyebutnya Den Bosch saja. Saya ke sana tanggal 24 Oktober 2013 bersama rombongan teman-teman VHL untuk mengambil identity card/verblijfstitel di IND. Jadi, dengan kartu tersebut, kami bisa masuk negara-negara Schengen lainnya. Sayang Inggris dan Irlandia tidak masuk ke dalam daftar negara Schengen. 

 Stasiun Den Bosch

Kami berkumpul pukul 9 pagi, dan naik bis tingkat ke sana. Saya langsung memilih duduk dekat jendela, seperti selalu. Pemandangan sepanjang jalan didominasi ladang-ladang hijau dan sapi-sapi lucu. Kadang muncul perumahan dengan gereja yang menjulang tinggi. Den Bosch sama saja dengan Ede atau Wageningen, tidak terlalu besar. Namun bentuk rumah-rumahnya agak mirip dengan yang ada di Amsterdam, meskipun tidak sepadat di sana. Satu jam kemudian, kami telah sampai tujuan. Karena kantor IND di Den Bosch kecil, kami masuk 10 per 10 dipandu oleh Ms. Aske.

Proses pengambilan kartu hanya sebentar, tidak lebih dari 3 menit. Hanya saja karena rombongan banyak, kami selesai pukul 1 siang. Untunglah hari itu cuaca cerah dengan sinar matahari yang hangat. Suhu berada di kisaran 14-16 derajat, kami tak perlu kedinginan selama menunggu di luar.

Bis kembali membawa kami ke kampus. Saya tertidur di sepertiga perjalanan; ngantuk setelah makan roti selai dan anggur untuk lunch. Sebelum pulang, ada pengumuman dari Ms. Sigrid tentang allowance dan asuransi. Anak-anak beasiswa memang tidak bisa jauh-jauh dari topik seputar dua hal itu. Ternyata pengumumannya tidak hanya itu. Ms. Sigrid bilang VHL merencanakan piknik ke Paris, Prancis pada Desember 2013 dan ke Barcelona, Spanyol pada Mei 2014 untuk semua kelas. WHOA!

Have I told you that I love VHL? :)

No comments:

Post a Comment